HOW TO LOVE YOUR WORK ...
“LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY’
SEBUAH PERTANYAAN umum yang menganjurkan orang untuk mencintai
pekerjaannya dan jangan mencintai perusahaan. Mengapa ? karena sewaktu-waktu
bisa saja perusahaan menyingkirkan Anda kapan pun. Namun bagaimana cara
mencintai pekerjaan Anda ? berikut ini beberapa tips menarik untuk mencintai
pekerjaan Anda.
©
ANTUSIAS TERHADAP PEKERJAAN
Bila Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, tentu tidak akan
mudah bagi Anda untuk melaksanakan tugas-tugas kantor. Anda akan merasa
terbebani dengan tugas yang diberikan sehingga hasil kerja tidak maksimal.
Sebaliknya, bila seseorang mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal itu
akan merasa menyenangkan, waktu terasa singkat, dan Anda memiliki semangat
untuk mengerjakannya. Misalnya, seseorang yang senang menggambar akan antusias bila
ditugasi untuk membuat desain rumah, menjadi arsitek, atau pekerjaan lain.
Untuk itu, bersikaplah seolah-olah Anda menyukai dan
menikmati pekerjaan Anda. Beri perhatian penuh pada apa yang sedang Anda
kerjakan. Mungkin kelihatannya ,mustahil untuk menyukai pekerjaan Anda sekarang.
Tetapi, paksakan diri Anda untuk melakukan ini. Tersenyum atau berdiri dengan
tegak dapat membantu untuk dapat lebih bersikap antusias. Hasilnya, Anda dapat
merasakan benar-benar menyukai pekerjaan tersebut.
©
LAKUKAN YANG TERBAIK
Hindari menunda pekerjaan atau bersikap masa bodo atas hasil
pekerjaan Anda. Ini dapat membuat Anda merasa stress akibat pekerjaan tidak
selesai, semakin menumpuk atau terkena omelan atasan.
Jangan melakukan pekerjaan dengan asal-asalan tetapi berikan
lebih dari apa yang diperintahkan. Tetapkan prioritas pekerjaan agar pekerjaan
yang penting bisa diselesaikan terlebih dahulu. Anda juga dapat memotivasi diri
Anda sendiri untuk memberikan yang terbaik. Misalnya, Anda dapat mencatat waktu
berapa lama Anda dapat menyelesaikan pekerjaan atau hal lain untuk mengukur
produktivitas. Kemudian, tantang diri Anda untuk melakukan yang lebih baik lagi
dalam tugas berikutnya.
©
MELAKUKAN LEBIH
Bila mendapat tugas, jangan merasa puas karena melakukan apa
yang diharapkan. Nilai plus dari atasan dan kepuasan bisa didapatkan bila Anda
kreatif untuk lebih memperindah pekerjaan Anda. Misalnya, dengan menambah
informasi pendukung ketika ditugasi untuk mengolah suatu data. Atau bila Anda
menyukai teknologi tetapi Anda bekerja dibagian akunting, Anda dapat mencari
terobosan teknologi yang dapat membantu Anda menyelesaikan tugas dengan lebih
cepat.
©
LIHAT SISI POSITIF
Walau Anda merasa pekerjaan sangat menjenuhkan, tidak pernah
selesai, atasan yang galak, atau rekan kerja yang menyebalkan, tetapi cobalah
untuk melihat hal positifnya. Bandingkan keadaan kita dengan orang lain yang
tidak seberuntung kita. Bagaimana orang-orang yang masih belum mendapat
pekerjaan, orang-orang yang pekerjaannya lebih berat dari kita, atau bagaimana
dengan orang yang penghasilannya tidak sebanyak kita.
Cobalah mengingat bagaimana saat Anda berusaha mendapatkan
pekerjaan ini, misalnya bagaimana saat itu Anda harus naik kendaraan umum,
bagaimana pertama kali Anda belum mengenal rekan kerja lainnya, ketika Anda masih
bingung dengan pekerjaan yang harus dilakukan . mengingat perjuangan ini dapat
membantu Anda lebih mencintai pekerjaan.
©
TERUSLAH BELAJAR
Tugas kantor terasa berat mungkin karena Anda belum
sepenuhnya mengerti. Seorang pekerja yang merasa berat saat dituagsi membuat
suatu pekerjaan, bisa jadi karena dia belum sepenuhnya memahami konsep tentang
pekerjaan tersebut. Misalnya seseorang ditugasi membuat laporan di Excel dengan
pivot table, tentu bukan hal yang biasa, tapi bisa dipelajari.
Maka, untuk menambah pengetahuan, Anda dapat mencari tahu
lebih banyak dari internet, buku atau dari orang lain yang lebih memahaminya.
Bila memungkinkan, Anda dapat pula mengikuti kursus-kursus. Cara lainnya adalah
dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada. Dengan mengetahui lebih banyak, Anda
akan lebih mudah melakukannya.
©
BERI PENGHARGAAN
Bila Anda tidak mendapatkan penghargaan dari orang lain
ketika Anda berhasil melaksanakan tugas yang diberikan, Anda dapat memberikan
penghargaan untuk diri sendiri. Anda dapat memberi pujian untuk diri sendiri
untuk target yang dicapai atau merayakan keberhasilan Anda. Tentu saja, hal ini
jangan dilakukan secara berlebihan.
Hindari sikap untuk membenci pekerjaan Anda karena ini akan
membuat Anda semakin tertekan, merasa stress dan hasil pekerjaan tidak
maksimal. Berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan Anda untuk hasil
pekerjaan yang lebih baik. Dengan hasil pekerjaan yang lebih baik, pekerjaan
tidak menumpuk, Anda dapat memperoleh kepuasan, pujian dari atasan, promosi
jabatan dan bukan tidak mungkin memperoleh gaji yang lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar